Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Sastra dan Buaya
Profil
Tentang
Visi Dan Misi
Formasi
Penjabat
Dosen
Pegawai
Program Studi
S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Galeri
Pengumuman
Mahasiswa
Dosen
Pegawai
AKREDITASI
BORANG
BUKTI
AKREDITASI
SARPRAS
PENELITIAN
Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd
NIP: 196007291986032002
NIDN: 0029076008
FAKULTAS: Fakultas Sastra dan Budaya
KEPAKARAN: Linguistik
Pendidikan
SDN I DULALOWO, Thn 1966-1972, SD
PGAN 4 TAHUN, Thn 1972-1976, SMP
PGAN 6 TAHUN, Thn 1976-1979, SMA/SMK
FKIP UNSRAT, Thn 1979-1984, S1/Sarjana
IKIP JAKARTA, Thn 1994-1997, S2/Pasca Sarjana
UNIVERSITAS SAM RATULANGI, Thn 2008-2011, S3/Doktor
Penelitian
Peningkatan Kemampuan Menyusun Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia PAda Guru-Guru Kelas di SDN 25 Limboto Kabupaten Gorontalo
, TA 2013, Penelitian Dana PNBP, PNBP/BLU
Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas IX di Provinsi Gorontalo
, TA 2013, Hibah Bersaing (DP2M), DP2M Dit. Litabmas
REGISTER BAHASA MASYARAKAT PESISIR DI DESA BAJO KECAMATAN TILAMUTA
, TA 2023, Penelitian Dasar, PNBP/BLU
Hasil Penelitian
Penggunaan Bahasa Transmigran Jawa Di Kabupaten Gorontalo
, Artikel - Jurnal
Teori Apresiasi Puisi
, Buku Ajar
Karya Ilmiah
Penggunaan Bahasa Transmigran Jawa di Kabupaten Gorontalo
The Tondano�s Adjective
Strategi Penyelamatan Bahasa Gorontalo Melalui Pembelajaran di Sekolah dan Rumah
Strategi Penyelamatan Bahasa Gorontalo Melalui Pembelajaran di Sekolah dan Rumah
Teori Apresiasi Puisi dan Pembelajarannya
Increasing Students Achievment in National Examination Through Developing Contextual Textbook (A Case of Indonesia)
Increasing Students Achievment In National Examination Through Developing Contextual Textbook (A Case Of Indonesia)
Sayama Malabar : Buku Sosiolinguistik
Sayama Malabar : PELESTARIAN BAHASA DAERAH SEBAGAI MEDIA REVOLUSI MENTAL
Sayama Malabar : LAPORAN AKHIR HIBAH BERSAING Pengembangan-Buku-Teks-Bahasa-Indonesia-SMP-Kelas-IX-di-Provinsi-Gorontalo
Sayama Malabar : KARAKTERISTIK RANCANGAN PEMBELAJARAN BAHASA
Sayama Malabar : Increasing Students Achievment in National Examination through Developing Contextual Text Book
Sayama Malabar : Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA di Kab. Gorontalo
Sayama Malabar : Eksistensi Bahasa Daerah Gorontalo dan Upaya sebagai Wujud Ketahanan Budaya
Sayama Malabar : Desain Buku Teks Bahasa Indonesua dan Efektifitas Pembelajarannya
Sayama Malabar : CERTIFICATE OF ORIGINALITY Increasing Students Achievement in National Examination Through Developing contextual textbook (A Case of Indonesia)
Sayama Malabar : CERTIFICATE OF ORIGINALITY Karakteristik Rancangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Abad 21
Sayama Malabar : PEER REVIEW BUKU Sosiolinguistik
Sayama Malabar : PEER REVIEW Desain Buku Teks Bahasa Indonesia dan Efektifitas Pembelajarannya
Sayama Malabar : PEER REVIEW Eksistensi Bahasa Daerah Gorontalo dan Upaya sebagai Wujud Ketahanan Budaya
Sayama Malabar : PEER REVIEW Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA di Kab. Gorontalo
Sayama Malabar : PEER REVIEW Increasing Students Achievment in National Examination through Developing Contextual Text Book
Sayama Malabar : PEER REVIEW Karakteristik Rancangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Abad 21
Sayama Malabar : PEER REVIEW Pelestarian Bahasa Daerah Sebagai Media Revolusi Mental
Sayama Malabar : Prosiding Profil Kekuasaan Kolonial Dan Pribumi Dalam Novel Oeroeg Karya Hella S. Haasse
Sayama Malabar : Plagiarism by Turnitin Profil Kekuasaan Kolonial Dan Pribumi Dalam Novel Oeroeg Karya Hella S. Haasse
Sayama Malabar : Peereviewer Profil Kekuasaan Kolonial Dan Pribumi Dalam Novel Oeroeg Karya Hella S. Haasse
Sayama Malabar : Peereviewer Language Phenomenon in Classroom Learning Process: A Study at MAN Model State Islamic Senior High School Gorontalo
Sayama Malabar : Language Phenomenon in Classroom Learning Process: A Study at MAN Model State Islamic Senior High School Gorontalo
Pengabdian
PEMBERDAYAAN KELOMPOK KARANG TARUNA MELALUI PEMBENTUKAN KELOMPOK PEMUDA SADAR BERBAHASA GORONTALO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOSAKATA BERBASIS PROGRAM TRUE BASIC DI DESA TALUDUYUNU KEC.BUNTULIA KAB. POHUWATO
, TA 2019, KKS Pengabdian Masyarakat Semester Genap T.A 2018/2019, PNBP/BLU UNG
Pemberdayaan Perpustakaan Desa Melalui Implementasi Gerakan Nasional Gemar Membaca di Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo
, TA 2020, Proyek di Desa "Kampus Merdeka", PNBP/BLU UNG
Desa Tanggap Budaya: Penguatan Tradisi Religi Bagi Masyarakat
, TA 2021, KKN Tematik Desa Membangun Periode II Tahun 2021, PNBP/BLU UNG
Penghargaan
PENGHARGAAN ORIENTASI PENGEMBANGAN PEMBIMBINGAN KEMAHASISWAAN (OSPEK), 6 Oktober 2000, Oleh UNIVERSITAS TADULAKO
Postgraduate of Sam Ratulangi, 1 Januari 2012
Sertifikat Pelatihan District Core Team (DCT), 28 Juni 2012
Sertifikat Lokakarya Praktik yang Baik dalam Pendidikan, 12 Oktober 2012