Visi dan Misi

VISI MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

 

1. Visi

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah:“Terwujudnya Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang unggul, inovatif, dan berbudaya dalam menghasilkan tenaga pendidik di kawasan Asia Tenggara Tahun 2035”Rumusan visi ini mengandung makna sebagai berikut.

  1. Unggul adalah menjadi program studi yang mampu menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi Profesionalisme, Pedagogik, Sosial dan Kepribadian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  2. Inovatif adalah menjadi program studi yang mampu memberdayakan segala potensi yang ada untuk menciptakan gagasan baru, metode, dan teknologi dalam konteks keilmuan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  3. Berbudaya adalah program studi yang memiliki sistem nilai dan norma untuk mewujudkan cipta, rasa, dan karsa yang dapat didayagunakan untuk menghasilkan kultur akademik yang dapat diimplementasikan pada masyarakat, baik lokal, nasional maupun internasional.
  4. Di kawasan Asia Tenggara adalah mampu berkompetisi di antara perguruan tinggi di Asia Tenggara yang memiliki program studi yang serumpun.

 

Keterkaitan Visi antara universitas, fakultas dan prodi dapat dilihat dalam bagan 3 berikut.

Bagan 3. Keterkaitan Visi universitas, fakultas, dan prodi

 

Rumusan visi prodi telah mempertimbangkan potensi yang dimiliki, baik secara internal maupun eksternal. Secara internal prodi: (i) memiliki kekuatan SDM tenaga pendidik yaitu 76,47% atau 13 orang yang bergelar doktor dari 17 orang. Di samping itu, prodi telah memiliki tenaga pendidik berjumlah 3 orang atau 17,65% dengan jabatan fungsional guru besar; (ii) animo mahasiswa yang memilih prodi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia selalu meningkat; (iii) pengelolaan mutu prodi secara kelembagaan telah dibentuk badan penjaminan mutu di tingkat universitas dan gugus penjamin mutu di tingkat fakultas dan prodi; (iv) tersedianya ruang kantor dan ruang perkuliahan yang representatif di tahun 2019 melalui pengembangan kampus baru dengan dana IDB. Secara eksternal, prodi: (i) memiliki potensi pasar sebagai calon guru pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di wilayah Provinsi Gorontalo, daerah Kotamobagu Provinsi Sulawesi Utara, wilayah Sulawesi Tengah, dan wilayah Sulawesi Tenggara; (ii) tingkat kepercayaan masyarakat terhadap prodi semakin meningkat; (iii) terbukanya kemitraan dengan pihak pemerintah dan instansi terkait; (iv) tersedianya dana dan terbukanya hibah penelitian dan pengabdian di lingkungan Kementerian Riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi; dan (v) Tersedianya sekolah SMP dan SMU sebagai tempat pelaksanaan PPL dan pengembangan inovasi pembelajaran di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Berdasarkan analisis potensi yang dimiliki prodi, baik potensi internal maupun potensi eksternal, maka kerealistikan pencapaian visi prodi dapat dilakukan seperti tampak dalam bagan 4 berikut.

Bagan 4. Tahapan Pencapaian Visi Prodi

 

2. Misi

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah:

Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang bermutu, efektif, efisien, teruji dengan mendayagunakan teknologi guna menghasilkan lulusan yang profesional dan berbudaya.Meningkatkan kualitas penelitian untuk menghasilkan inovasi di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang terpublikasi di tingkat nasional dan internasional.Melaksanakan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi serta hasil-hasil penelitian inovatif di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melalui pengabdian pada masyarakat.Mengembangkan kapasitas dan kompetensi sumberdaya melalui jejaring kerja sama antarprodi sejenis untuk menunjang pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, baik lokal, nasional maupun internasional.

Penelitian
  • Analisis Struktur dan Fungsi Sastra Lisan Debe sebagai Media Pembentukan Karakter Masyarakat Gorontalo oleh Ellyana Hinta \ detail
  • Konjungsi Antarkalimat dalam Bahasa Gorontalo oleh Dakia N. Djou \ detail
  • PENGEMBANGAN MODEL PENERAPAN MANAJEMEN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS AKREDITASI oleh Muslimin \ detail
  • Nilai Etis Upacara Adat Moluuna Bagi Pembinaan Moralitas Remaja oleh Munkizul Umam Kau \ detail
  • Pemarjinalan Bahasa Suwawa Sebagai Salah Satu Unsur Budaya Lokal oleh Fatmah A.R. Umar \ detail
  • Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Gorontalo Melalui Pendekatan Saintifik oleh Sance A. Lamusu \ detail
  • Telaah Unsur Intrinsik Novel (Suatu Penelitian pada Siswa SMA Negeri 1 Boliyohuto Kabupaten Gorontalo) oleh Ellyana Hinta \ detail
  • Meningkatkan Kemampuan Menentukan Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Tanggapan Deskriptif Melalui Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Telaga Tahun Pelajaran 2014/2015 oleh Asna Ntelu \ detail
  • Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Berpendekatan Konstruktivisme oleh Supriyadi \ detail
  • Daya Serap dan Kinerja Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia oleh Salam \ detail
Pengabdian
  • SOSIALISASI TANGGAP BENCANA PADA MASYARAKAT DI KEC. LEMITO, KAB.POHUWATO UNTUK MEWUJUDKAN DESA TANGGUH BENCANA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN BAHASA YANG SANTUN oleh Muslimin \ detail
  • DESA TANGGUH BENCANA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT GORONTALO DI KECAMATAN PAGUAT KABUPATEN POHUWATO oleh Mohamad Karmin Baruadi \ detail
  • Edukasi Kesiapsiagaan Bencana melalui Pertujukan Seni pada Pelajar dan Masyarakat guna Mewujudkan Desa Tangguh Bencana di Desa Lemito, Desa Lemito Utara, dan Desa Wonggarasi Barat Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato oleh Muslimin \ detail
  • Sosialisasi tentang Pemberdayaan Masyarakat terhadap Pelestarian Tanaman Adat sebagai Salah Satu Usaha Penanggulangan Bencana Banjir di Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo oleh Ellyana Hinta \ detail
  • Mitigasi Bencana Alam Berbasis Komunitas di Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo oleh Fatmah A.R. Umar \ detail
  • Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Penanggulangan Risiko Bencana Menuju Masyarakat Tanggap Bencana di Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo oleh Jafar Lantowa \ detail
  • Pemberdayaan Nilai-Nilai Puisi Lisan Palebohu sebagai Media Pembentukan Karakter Berbasis Revolusi Mental bagi Generasi Muda di Kelurahan Buliide Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo oleh Ellyana Hinta \ detail
  • Pemberdayaan Perpustakaan Kelurahan melalui Implementasi Gerakan Nasional Gemar Membaca Berbasis Revolusi Mental bagi Masyarakat di Kelurahan Lekobalo Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo oleh Herson Kadir \ detail
  • Pembinaan Karakter Anak-anak dan Remaja melalui Pemberdayaan Kelompok Karang Taruna dalam Mengapresiasi Sastra Berbasis Karakter di Desa Huntulohulawa, Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo oleh Supriyadi \ detail
  • Pendampingan Masyarakat Desa Hiyalo Oyile Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara Dalam Pemertahanan Bahasa Dan Budaya Gorontalo oleh Mohamad Karmin Baruadi \ detail