S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Profil Ketua dan Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

NAMA : Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd

NIP : 196808061997021002

NIDN : 0006086809

FAKULTAS : Fakultas Sastra dan Budaya

KEPAKARAN: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 

Pendidikan

  • SD NEGERI DARUNGAN I, Thn 1976-1982, SD
  • SMP NEGERI LODOYO, Thn 1982-1985, SMP
  • SMA NEGERI I BLITAR, Thn 1985-1988, SMA/SMK
  • IKIP MALANG, Thn 1988-1993, S1/Sarjana
  • UNIVERSITAS NEGERI MALANG, Thn 2012-2012, S2/Pasca Sarjana
  • UNIVERSITAS NEGERI MALANG, Thn 2010-2012, S3/Doktor

Penelitian

  • Pengembangan panduan pembelajaran menulis karya ilmiah beerpendekatan konstruktifvisme, TA 2012, Penelitian Dana PNBP, PNBP Fakultas/Pasca
  • Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Berpendekatan Konstruktivisme , TA 2013, Hibah Bersaing (DP2M), DP2M Dit. Litabmas
  • Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Berpendekatan Konstruktivisme , TA 2014, Hibah Bersaing (DP2M), DP2M Dit. Litabmas

Hasil Penelitian

  • Strategi Learning Communitty Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Wacana Deskriptif Siswa SD, Artikel - Jurnal
  • Model Belajar Learning Komunitty Untuk Meningkatkan Keterampiln Menulis Ilmiah Mahasiswa, Artikel - Jurnal

Karya Ilmiah

  • Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia
  • Model Belajar Learning Community untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ilmiah Mahasiswa
  •  STRATEGI BELAJAR LEARNING COMMUNITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS WACANA DESKRIPTIF SISWA SD
  •  MENULIS KARYA ILMIAH DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME: Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah yang Inovatif dan Konstruktif
  • Developing Teaching Material of Writing Scientific Paper Using Constructivism Approach
  • Permasalahan yang Dihadapi Guru dalam Pengembangan Kompetensi dan Life-skill Siswa SMP Negeri Se-Kota Gorontalo
  •  Ungkapan-ungkapan Metaforis dalam Puisi-puisi Agus R. Sardjono
  • Sintaksis Bahasa Indonesia
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Budaya untuk Mencerdaskan Aspek Sosial (SQ) Siswa
  • UJI PUBLIK KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, UNG
  •  Dimensi Ekonomi, Politik, dan Ideologi pada Artikel-artikel di Media Massa Cetak Jawa Pos dalam Perspektif Analisis Wacana Kritis
  • Keterampilan Dasar Menulis
  • Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama yang Digunakan di Provinsi Gorontalo
  • Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Berbahasa Indonesia pada Siswa SMK
  • Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Berpendekatan Konstruktivisme
  • Peer Review KI Supriyadi-Developing Scientific Writing Instruction Evaluation Instrument by Using a Constructivism Approach
  • Peer Review KI Supriyadi-Development of Scientific Writing Teaching Materials Based on Need Analysis on Indonesian Language and Literary Education Students
  • Peer Review KI Supriyadi-Dimensi Ekonomi, Politik, dan Ideologi pada Artikel-artikel di Media Massa Cetak Jawa Pos dalam Perspektif Analisis Wacana Kritis
  • Peer Review KI Supriyadi-Keterampilan Dasar Menulis
  • Peer Review KI Supriyadi-Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama yang Digunakan di Propinsi Gorontalo
  •  Peer Review KI Supriyadi-Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia pada Siswa SMK
  • Peer Review KI Supriyadi-Pemanfaatan Sastra Lisan Gorontalo sebagai Materi Otentik dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara
  • Peer Review KI Supriyadi-Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Inovatif
  • Peer Review KI Supriyadi-Pembelajaran Menulis Ilmiah yang Partisipatif dan Kolaboratif untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosional Mahasiswa
  • Peer Review KI Supriyadi-Pemertahanan Bahasa-bahasa Minoritas di Provinsi Gorontalo untuk Mengangkat Budaya Lokal
  • Peer Review KI Supriyadi-Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Berpendekatan Konstruktivisme
  • Peer Review KI Supriyadi-Revitalisasi Budaya Gorontalo dalam Upaya Melestarikan Budaya Lokal
  • Developing Scientific Writing Instruction Evaluation Instrument by Using Constructivsm Approach
  • Development of Scientific Writing Teaching Materials Based on Need Analysis on Indonesian Language and Literary Education Students
  • Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Inovatif
  • Pembelajaran Menulis Ilmiah yang Partisipatif dan Kolaboratif untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosional
  • Revitalisasi Budaya Gorontalo dalam Upaya Melestarikan Budaya Lokal
  • Pemertahanan Bahasa-bahasa Minoritas di Provinsi Gorontalo untuk Mengangkat Budaya Lokal
  • Pemanfaatan Sastra Lisan Gorontalo sebagai Materi Otentik dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara
  • Cek Plagiasi Supriyadi-Developing of Scientific Teaching Material Based on Need Analysis on Indonesian Language and Literary Education Student's
  • Cek Plagiasi Supriyadi-Developing Scientific Writing Instruction Evaluation Instrument by Using a Constructivism Approach
  • Cek Plagiasi Supriyadi-Keterampilan Dasar Menulis
  • Cek Plagiasi Supriyadi-Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama yang Digunakan di Provinsi Gorontalo
  • Cek Plagiasi Supriyadi-Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia pada Siswa SMK
  • Cek Plagiasi Supriyadi-Pemanfaatan Sastra Lisan Gorontalo sebagai Materi Otentik dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara
  • Cek Plagiasi Supriyadi-Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Inovatif
  • Cek Plagiasi Supriyadi-Pemertahanan Bahasa-bahasa Minoritas di Provinsi Gorontalo untuk Mengangkat Budaya Lokal
  •  Cek Plagiasi Supriyadi-Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Berpendekatan Konstruktivisme
  • Cek Plagiasi Supriyadi-Revitalisasi Budaya Gorontalo dalam Upaya Melestarikan Budaya Lokal
  • Cek Plagiasi Supriyadi-Pembelajaran Menulis Ilmiah yang Partisipatif dan Kolaboratif untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosional Mahasiswa
  • Cek Plagiasi Supriyadi-Dimensi Ekonomi, Politik, dan Ekonomi pada Media Massa Cetak Jawa Pos dalam Perspektif Analisis Wacana Kritis

Pengabdian

  • Pemertahanan Bahasa Multietnik di Desa Bandung Rejo Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo, TA 2016, KKS PENGABDIAN SEMESTER GENAP T.A.2015/2016, PNBP 2016
  • Pembinaan Karakter Anak-anak dan Remaja melalui Pemberdayaan Kelompok Karang Taruna dalam Mengapresiasi Sastra Berbasis Karakter di Desa Huntulohulawa, Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, TA 2017, KKS Pengbadian Semester Genap 2016/2017, PNBP 2017

Penghargaan• Dosen berprestasi II Tingkat Universitas Negeri Gorontalo, 25 Juli 2006

 

 

 

 

 

Penelitian
  • Analisis Struktur dan Fungsi Sastra Lisan Debe sebagai Media Pembentukan Karakter Masyarakat Gorontalo oleh Ellyana Hinta \ detail
  • Konjungsi Antarkalimat dalam Bahasa Gorontalo oleh Dakia N. Djou \ detail
  • PENGEMBANGAN MODEL PENERAPAN MANAJEMEN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS AKREDITASI oleh Muslimin \ detail
  • Nilai Etis Upacara Adat Moluuna Bagi Pembinaan Moralitas Remaja oleh Munkizul Umam Kau \ detail
  • Pemarjinalan Bahasa Suwawa Sebagai Salah Satu Unsur Budaya Lokal oleh Fatmah A.R. Umar \ detail
  • Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Gorontalo Melalui Pendekatan Saintifik oleh Sance A. Lamusu \ detail
  • Telaah Unsur Intrinsik Novel (Suatu Penelitian pada Siswa SMA Negeri 1 Boliyohuto Kabupaten Gorontalo) oleh Ellyana Hinta \ detail
  • Meningkatkan Kemampuan Menentukan Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Tanggapan Deskriptif Melalui Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Telaga Tahun Pelajaran 2014/2015 oleh Asna Ntelu \ detail
  • Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Berpendekatan Konstruktivisme oleh Supriyadi \ detail
  • Daya Serap dan Kinerja Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia oleh Salam \ detail
Pengabdian
  • SOSIALISASI TANGGAP BENCANA PADA MASYARAKAT DI KEC. LEMITO, KAB.POHUWATO UNTUK MEWUJUDKAN DESA TANGGUH BENCANA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN BAHASA YANG SANTUN oleh Muslimin \ detail
  • DESA TANGGUH BENCANA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT GORONTALO DI KECAMATAN PAGUAT KABUPATEN POHUWATO oleh Mohamad Karmin Baruadi \ detail
  • Edukasi Kesiapsiagaan Bencana melalui Pertujukan Seni pada Pelajar dan Masyarakat guna Mewujudkan Desa Tangguh Bencana di Desa Lemito, Desa Lemito Utara, dan Desa Wonggarasi Barat Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato oleh Muslimin \ detail
  • Sosialisasi tentang Pemberdayaan Masyarakat terhadap Pelestarian Tanaman Adat sebagai Salah Satu Usaha Penanggulangan Bencana Banjir di Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo oleh Ellyana Hinta \ detail
  • Mitigasi Bencana Alam Berbasis Komunitas di Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo oleh Fatmah A.R. Umar \ detail
  • Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Penanggulangan Risiko Bencana Menuju Masyarakat Tanggap Bencana di Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo oleh Jafar Lantowa \ detail
  • Pemberdayaan Nilai-Nilai Puisi Lisan Palebohu sebagai Media Pembentukan Karakter Berbasis Revolusi Mental bagi Generasi Muda di Kelurahan Buliide Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo oleh Ellyana Hinta \ detail
  • Pemberdayaan Perpustakaan Kelurahan melalui Implementasi Gerakan Nasional Gemar Membaca Berbasis Revolusi Mental bagi Masyarakat di Kelurahan Lekobalo Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo oleh Herson Kadir \ detail
  • Pembinaan Karakter Anak-anak dan Remaja melalui Pemberdayaan Kelompok Karang Taruna dalam Mengapresiasi Sastra Berbasis Karakter di Desa Huntulohulawa, Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo oleh Supriyadi \ detail
  • Pendampingan Masyarakat Desa Hiyalo Oyile Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara Dalam Pemertahanan Bahasa Dan Budaya Gorontalo oleh Mohamad Karmin Baruadi \ detail